Sastra

LOVE IN PABRIK

Penulis : Budiman

Sarni masih malas bangun pagi, masih ngucek-ngucek mata sambil ngendus-ngendus bantal, nampak malas bangun tidur.

“Bangun sarni, udah subuh nih,,,lu belum bangun bae[1] lu” emaknya Sarni teriak-teriak kencengnya bukan kepalang.

“ Edah,,,,,biarin aje, emang tuh anak begitu, agak males bangunnya, entar ge bangun” Bapaknya Sarni nimpalin.

“Iye mak, ntar ngapa….ini bau iler-nya masih seddep nih” Sarni bangun sambil ketawa dikit.

Sarni memang karyawan pabrik, remaja mudi ini senang kerja di pabrik karena kepengen belajar megang mesin canggih katanya, tapi malah kerjanya melototin[2] battere aje. Sarni lulusan sekolah menengah kejuruan, jurusannya sih administrasi kantor, tapi kerjanya kagak ada nyambung-nyambungnye. Pagi ini Sarni udah selesai mandi dan siap berangkat kerja ke pabrik, di kampung selang ronggeng dia tinggal, sebelah dalemnya cibitung.

mak Edah “ ganti napa kaos kaki lu, et dah itu udah bau bangets”

Sarni “ ini mah baru kemarin mak dipakainya, masih mending ini dibanding kaos kaki temen-temen nyang cowok di pabrik, lah baunya ampe sekilo masih ke cium”

Bapak Darma “ et dah[3], itu kaos kaki apa sampah pasar induk cibitung, lu jangan kayak gitu sarni ya,,,kalau kerja itu buat lingkungan seneng, mau orangnya atau pun tempatnya, ngerti kagak lu”

Sarni “Iye beh, tahu sarni ge, ini udah salin kaos kaki nye, sarni berangkat dulu ya emak ame babeh” sarni langsung ngeburu telapak tangan mak Edah sama pak Darma, langsung di cium, sekelebat udah jalan keluar pintu.

Emang sarni kelewat rajin, pabrik tempatnya kerja kagak jauh-jauh amet dari rumah tinggalnya, tapi dia jam 6 udah nyampe pabrik. Walaupun Peranakan betawi, yang dia sendiri kagak apal silsilahnya, sopan santunnya masih ada, tata kramanya masih dijaga.

Sarni “ assalamualaikum pak satpam, selamat pagi semuanya yeh” sambil masuk gerbang nuju absenan.

Pak satpam “ Lah neng, udah setahun kerja di sini, masih sendirian bae kagak ada yang nganterin napa?”

Sarni “ alhamdulilah pak, belum ada, belum ada yang aye[4] pilih” sambil nyengir, lari kecil ke area pejalan kaki.

Pabrik tempatnya Sarni kerja lumayan rapi, tempat yang jalan kaki aja dikasih garis, ya walaupun masih kagak rapih juga pada jalannya kalau pas ada yang pulang ama yang masuk bebarengan. Area rokoknya juga khusus, malah sekarang dikantin kagak ada jajanan lagi, gegara ada yang bawa jajanan ke dalam pabrik tempat kerjanya Sarni.

Sarni masuk pakai Id card, kagak sembarangan orang masuk, perusahaan yang pakai security system kalau kata orang-orang mah, langsung masukin tas ke loker sambil lihat ke tangga.

“ kenapa lu lihatin gw “ Sarman ngomong kenceng banget.

“ Lah pan[5] mata aye lagi ke situ, kebeneran lu turun dari tangga, ya aye liat lu” Sarni nimpalin lagi sambil senyum.

“ jangan-jangan lu naksir gw udah lama ya….” Sarman ke-ge-er-an.

“ Lah…..kalau jodoh kagak kemane, kalau dibilang kagak naksir, aye takutnye malah jodoh” Sarni sambil ngelangkah menuju meja kerja nya, yang katanya tempat melototin battere itu.

Bel bunyi, tandanya sudah jam 7:00, Sarni paling seneng senam dah, langsung lari ke halaman, senam bareng temen-temennya, ditempat kerja Sarni memang tiap pagi ada senam, bahkan dari puluhan tahun lalu, memang budayanya begitu, pagi-pagi itu selalu senam, meskipun nampak anak sekarang kurang mau gerak-gerak senam kayak Sarni begitu, anak sekarang males gerak, jadi sering sakit atau nggak kesurupan[6] deh. Habis senam, Sarni nyanyi mars perusahaan, suaranya emang sumbang tapi semangatnya luar biasa, apalagi tujuh prinsip perusahaan, hapal dari satu ampe tujuh, malah dibolak-balik ge hapal.

Sarni udah mulai kerja, melototin battere nyari yang ga  sesuai sama standarnya.

“ udah dapet berapa tuh yang penyok?” kata Dewa, seniornya Sarni tapi bagian Quality.

“belum bang, ini masih proses nih” kata Sarni, sambil senyum ngeliatin mukanya Dewa yang emang putih bersih, hidung mancung, mata belo kayak burung hantu.

Udah lama Sarni kesengsem[7], suka dengan bang Dewa, tapi bang Dewa udah punya istri, malah istrinya dua, padahal baru umur tiga puluh dua, tapi punya istri dua, punya rumah dua, punya mobil dua, tapi sarni tetep suka.

“ ya udah, ntar habis istirahat gw ke sini lagi ya” kata bang Dewa sambil ngeloyor pergi ke tempat lain.

“ oke bang, aku selalu setia menunggu,,,he,,,he,,,he,,,” Sarni sambil ketawa cekikikan.

Sarni, memang kagak tinggi badannya, tapi wajah putih mulusnya yang khas betawi, bikin orang kagak tahan pengen mandang terus, manisnya ga ketulungan, badannya gak seksi, tapi jadi semampai malah kalau dilihat dari arah mana aja, enak dipandang. Banyak cowok yang naksir[8] sama Sarni, termasuk Sarman yang selalu godain sarni, tapi sarni tetep saja dihatinya cuma ada bang Dewa.

                                        

 “ lu lagi ngelamun ya sar” bang Dewa ngagetin.

“ ganggu aja nih, tadi habis istirahat kemana bang? Aye tungguin aje kagak kemari, pan jadi pegel nunggu” kata Sarni.

“ kagak jadi, dikasih tugas sama bos gw, jadi ga sempat nge-chek ke marih[9] dah” bang Dewa niruin logat bahasanya Sarni.

Bang Dewa memang bukan orang asli cibitung, pabrik ini memang ga melulu nerima orang kampung sekitar, tapi juga dari daerah mana aje, asal sesuai proses dan prosedurnya. Bang Dewa orang Manado, jadi kagak salah kalau putih dan ganteng pula, bang Dewa beda kayak Sarni, emang masuk kerja udah lulus kuliah, bahkan kuliahnya diluar negri kalau kagak salah, keluarga orang kaya di Manado, muslim yang taat beribadah, sempurna banget bagi Sarni yang kagak pindah ke lain hati, meski bang Dewa sudah dua istri.

“ nanti pulang bareng siapa?” bang Dewa nanya ke Sarni

“ sendiri bang, pan tiap hari ge begitu” Sarni nimpalin

“ Abang anter ya, sekali-kali” kata bang Dewa ngerayu Sarni

“ kagak ah bang, saye takut dibilang ngerebut suami orang, apalagi ngerebut suami dua orang” sambil nyengir Sarni ngomong.

“ Nggak ko, kali ini aja” bang Dewa mohon-mohon, kagak biasanya bang Dewa kelakuan begitu.

“ iya deh bang, tapi jangan mampir kemana-mana ya,,,langsung pulang ke rumah Sarni aja” pinta Sarni

“ Iya, abang ngerti ko” bang Dewa senyum.

Sarni pulang dianter bang Dewa, hati sarni dag-dig-dug kayak geluduk hujan, ser-seran kayak air mancur, malah warna-warni kayak pelangi di matanya Sarni, baru kali ini udah setahun kerja di pabrik ada yang nganterin, mana orang yang di-idam-idamin udah lama, orang yang nge-jogrok[10] aje dipojokan hati Sarni, yang tetep Sarni pendam rasa, tetep Sarni cinta dan idola.

“ udah sampai nih sar” bang Dewa ngagetin sekaligus ngebuyarin pelanginya Sarni.

“ duh,,,dah sampe ya bang, bang Dewa kagak mampir dulu nih?” Sarni basa-basi

“ Nggak deh sar, nggak enak sama orang-orang, kan sarni yang ngomong tadi kalau abang udah punya istri dua, masa maen lagi ke rumah perawan orang” sambil senyum kuda, bang Dewa bilang begitu.

“ oke deh bang, Sarni pulang ye” turun dari mobil fortunernya bang Dewa, yang baru kali ini juga Sarni seumur hidupnya naik mobil fortuner.

Sarni masuk ke rumahnya, nggak lupa salam dulu sama emak dan bapak, tapi kagak ada yang jawab, udah pada pules[11] semua rupanya. Sarni selalu bawa kunci rumah, karena memang kadang sering pulang lembur[12] malam, sampai jam 9 malam baru pulang. Sarni langsung ngejatuhin badan ke kasur, bahkan kagak salin sama lepas kaos kaki, langsung ngebayangin bang Dewa pujaan hati.

Jalan-jalan dipelangi gandengan tangan sama bang Dewa, dihati dan kelopak matanya Sarni yang mulai redup dilawan rasa ngantuk.

“ Sarni bangun lu!!!, et dah,,,,tiap hari emang emak lu harus bangunin lu terus?” emak Edah kenceng bangunin sarni.

“ ini udah dikamar mandi mak” sarni nyahut dikamar mandi

“ tumben[13] lu, biasanya lagi seneng nih kalau begini” mak Edah kayak udah tahu bangets kelakuan anaknya.

Sarni buru-buru berangkat kerja, mau nya sih biar ketemu bang Dewa lagi. Semua rutinitas harian udah dia lakukan, dari senam ampe masuk dan duduk lagi dimeja kerjanya.

“ Fokus dong kalau kerja, jangan ngelamun” Dodi, ngagetin Sarni. Dodi kerja dibagian Quality, bareng sama bang Dewa, staff nya bang Dewa.

“ bang Dewa mana?” Sarni nanya.

“ lah,,,,elu emang kagak tahu, dari kemarin bang Dewa itu koma, nih potonya” Dodi nunjukin poto bang Dewa lagi di ICU di rumah sakit besar di jakarta.

“Hah,,,,,,” Sarni bengong, Sarni jadi kayak patung. Kemarin itu siapa yang pulang bareng Sarni, Sarni mikirin itu terus. Mikir sampai setengah alam sadar.

“ Innalilahi wa innailahi rojiun” Dodi buka group Whatapps tim Quality, ada informasi bahwa bang Dewa udah meninggal.

Sarni masih matung, diem, tapi keluar air mata rembes, ngalir dari pinggir mata, ampe deres nge-banjirin pipi, tapi badan masih matung, pikirannya kagak ketahuan ada apa nggak, kosong melompong. Kagak lama langsung jatuh pingsan.

“ Tolong,,,,!!!!! ada yang pingsan” kata Dodi teriak

“ Ayo bawa ke klinik, gotong!” kata senior ditempat kerjanya.

Sarni dibawa ke klinik, diperiksa sama dokter, udah kagak ada nafasnya, nadinya udah hilang bareng sama cintanya, nafasnya lepas, lari ngejar bang Dewa, badannya digoyangin sama Dodi, udah gerak semua, tapi kosong, udah ga ke-isi lagi harapan, udah kagak ada lagi jiwa cinta yang nyisa. Duh,,Sarni,,,pergi bawa cinta setia ke bang Dewa yang istri dua di alam baka.

            Emak Edah dan bapak Darma, rawah-riwih[14] nangis sambil sesambat[15], didepan mayit Sarni yang lagi pada di-aji-in yasin sama tetangga dan keluarga dekat.

Bapak Darma “ Edah, ini ko berisik amet diluar rumah ya, pada rame amet orang dari mana sih?”

Emak Edah sambil kesel “ Kagak tahu bang ah,,,,aye kagak peduli’in, abang lihat aje keluar”

Bapak Darma keluar, lihat orang ampe ribuan karyawan-karyawati temennya Sarni pada datang ngelayat, ampe halaman rumahnye kagak muat, ke jalan-jalan, ke bawah pohon-pohon, rame orang pada ngelayat, pak Darma bingung, ko bisa sampai sebegitu ramenya orang pada datang.

Sontak[16] pak Darma ngomong dalam hati “ Sarni, amalan apa yang lu lakuin Sarni?, alhamdulilah neng, ini orang ribuan pada datang do’a-in lu”

Ada perempuan pakai kerudung lewat sambil ngomong nya cepet “ Sarni mah orangnya sopan santun, nyenengin orang sekitar beh, sifat setia nya luar biasa, walaupun suka sama istri orang tapi kagak pernah godain, kagak pernah ngerebut, kagak pernah ngelakuin yang dilarang adat sama agamanye” dia temennya Sarni kalau kerja, dan temen curhatnya Sarni kalau ada masalah. Dia cerita kelakuan Sarni di depan bapaknya, seolah tahu bapaknya lagi nanya dalam hati.

Bapak Darma “ IsnyaAllah lu senyum di alam sana neng, ditemenin pelangi kesukaan lu itu” sambil nangis lagi sesegukan[17].

Aliran kerubunan orang terus ngalir ngikutin jenazah Sarni yang dimakamin di astana kuburan selang ronggeng, terus harum kebawa angin, cerita Sarni yang tak disangka jadi obrolan warga yang muda sampai tua.



[1] Bae = saja

[2] Melotot = melihat dengan fokus

[3] Et dah = busyet dah

[4] Aye = saya

[5] Pan = memang

[6] Kesurupan = kemasukan roh halus

[7] Kesengsem = tergila-gila

[8] Naksir = suka

[9] Marih = sini

[10] Nge-jogrok = diam tak bergerak

[11] Pules = nyenyak

[12] Lembur = waktu kerja tambahan

[13] Tumben = tidak seperti biasanya

[14] Rawah-riwih = bergerak tapi sambil nangis

[15] Sesambat = manggil-manggil nama

[16] Sontak = seketika

[17] Sesegukan = menangis sedih sekali