Sejarah Singkat Serikat Pekerja Panasonic Gobel

SEJARAH SERIKAT PEKERJA PANASONIC GOBEL

Pada tahun 1947 di Makassar, ada seorang pemuda yang masih sekolah di Salah satu sekolah menengah atas di Makassar. Selain bersekolah juga bekerja sebagai buruh pelabuhan. Pemuda yang dikenal bernama Muhammad Thayeb Gobel (Thayeb Gobel) juga memimpin rekan-rekan melakukan pemogokan untuk meminta kenaikan upah mereka yang renda. Aksi tersebut berhasil memaksa kepala pelabuhan menaikkan upah mereka.
Berdasarkan pengalaman sebagai buruh saat awal berkarir itu membuat Thayeb Gobel sangat mengetahui keinginan buruh. Karena pengalaman itu pula Thayeb Gobel lebih memperhatikan kesejahteraan karyawannya saat telah menjadi pengusaha Electronik.
Sebagai pelopor industri Electronic, pada tahun 1970 Thayeb Gobel mendirikan perusahaan PT National GOBEL (Nabel) yang memproduksi dan menjual barang-barang Electronic merk National. Thayeb Gobel bersama karyawannya mendirikan organisasi perkumpulan untuk karyawan yang bernama Karyawan National Gobel (Karnabel). Beberapa tahun kemudian menjadi Ikatan Karyawan PT Padi Traktor dan National Gobel (Ikapadinabel) . PT Padi Traktor adalah perusaahaan yang memproduksi batu batree. Pada tahun 1978 organisasi karyawan National GOBEL bergabung ke Federasi Buruh Seluruh Indonesia (FBSI).
Karena kebijakan pemerintah orde baru bahwa seluruh serikat pekerja harus dibawah satu naungan serikat pekerja, makan FBSI difusikan ke Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (tahun 1995 berubah menjadi Federasi). Begitu juga FBSI Nabel bergabung menjadi anggota SPSI pada tahun 1988. Dan pada tahun yang sama merupakan jasa terbaru bagi karyawan dan perusahaan yang menjadi pelopor Kesepakatan Kerja Bersama (KKB).
Pada tahun 1999, forum serikat pekerja kelompok Matsushita GOBEL mendirkan Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia.  Serikat pekerja Nabel bergabung dengan FSPMI dan menjadi ketua serikat pekerja pertama dipegang Thamrin Mosii.
Thamrin Mosii sebagai salah satu tokoh Buruh Indonesia, selain sebagai salah satu pendiri FSPMI juga pelopor Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI). Thamrim Mosii juga pernah menjabat sebagai wakil presiden Buruh Asia Pasific.
Thamrin Mosii pula yang ikut membidani lahirnya Serikat Pekerja Panasonic Gobel (SPPG) yang berdiri pada tahun 2011. Mulai saat itu serikat pekerja yang dibawah naungan Panasonic GOBEL (pada tahun 2004 merk tunggal Panasonic) kedalam SPPG.

 

 

 

News SPPG

SEMINAR BAHAYA PENYALAHGUNAAN NARKOBA 2017-11-03 - Cikarang Barat - Untuk mencegah terjadinya penyeba...
PELATIHAN SERVIS AC SPPGESMID 2017-10-25 - Pasuruan - Serikat Pekerja Panasonic Gobel Eco Sol...
DISKUSI PERSELISIHAN HUBUNGAN INDUSTRIAL 2017-10-25 - Jakarta - Pada hari kamis 12 Okober 2017, Trade Un...
PELATIHAN KALENDER KERJA 2018 2017-10-25 - Jakarta - Setiap menjelang perundingan Kalender Ke...