Berita SPPG

WORKSHOP LITERASI DIGITAL

Jakarta – Federasi Serikat Pekerja Panasonic GOBEL (FSPPG) bekerjasama dengan Koperasi Karyawan Kelompok GOBEL (Kopkar GOBEL) mengadakan Workshop Literasi Digital dengan tema Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan Melalui Telepon Genggam.

Kegiatan dilaksanakan pada hari sabut, 10 November 2018 di Panahall atau ruang meeting PT Panasonic Manufacturing Indonesia, jalan raya bogor KM 29. Acara dimulai dari jam 08:00 wib sampai dengan jam 15:00 wib.

Acara dihadiri oleh Mustar Kai, Ketua Umum Kopkar GOBEL dan Sekretaris Jenderal FSPPG, Tamrin Lihawa serta beberapa pengurus FSPPG dan SPA-FSPPG. Para peserta pelatihan adalah karyawan dari perusahaan kelompok GOBEL.

Pengajar dalam pelatihan ini adalah Adam dan Ridwan dari People Consultancy serta Laras penggiat social media yang merupakan pemilik smitten by pattern. (FR)

ILO WOMEN SEMINAR

Jakarta – Federasi Serikat Pekerja Panasonic GOBEL (FSPPG) bekerjasama  International Labour Organization (ILO) mengadakan seminar Perempuan dalam STEM (Science, Technolovy, Enggineering and Match dengan tujuan penguatan ketrampilan Non Teknis bagi Perempuan dalam Organisasi Serikat Pekerja.

Kegiatan dilaksanakan pada hari sabtu, 27 Oktober 2018 di Komplek PT Panasonic Manufacturing Indonesia, jalan raya bogor KM 29. Acara yang dimulai dari jam 08:00 wib sampai dengan jam 16:30 wib yang dilakukan 2 sesi. Sesi pertama yakni sesi Team Work yang dipandu Hirania dan sesi kedua yang membahas Time Management yang dipandu oleh Tendy, yang keduanya dari ILO.

Acara dihadiri oleh Djoko wahyudi, Presiden FSPPG dan Tamrin Lihawa Sekretaris, Jenderal FSPPG serta beberapa pengurus FSPPG dan SPA-FSPPG. Para peserta pelatihan adalah karyawan dari perusahaan kelompok GOBEL.(FR)

LEADERSHIP TRAINING FSPPG 2018

Sentul - Federasi Serikat Pekerja Panasonic GOBEL kembali melakukan pelatihan untuk plant leader barunya. Dengan tema "Leader Training for Next Prosperity Fighter" yang dilakukan di Sentul Eco Edu Tourism Forest. Acara berlangsung dari hari sabtu, 13 oktober 2018 sampai dengan minggu, 14 oktober 2018.

Hari pertama lebih banyak diisi dengan teori dasar serikat pekerja yang diisi oleh pakar-pakar dibidangnya seperti Suharjono, staff khusus Menaker RI yang membahas perbandingan Serikat Pekerja. Lalu pengajar yang lain adalah Herman yang selama ini berpengalaman sebagai aktifis Serikat Pekerja dan pengajar tentang Serikat Pekerja. Djoko Wahyudi, Presiden FSPPG turut pula menyampaikan Eksistensi FSPPG kepada peserta.

Pada malam hari setelah Ishoma, para peserta mulai dibuat 8 kelompok untuk kegiatan Diskusi Kelompok untuk  simulasi bahasan seputar serikat pekerja. Setelah kelompok diskusi selesai, kegiatan penutup pada hari tersebut adalah malam keakraban.

Hari kedua training, setelah sholat shubuh para peserta berkumpul dilapangan untuk senam pagi khas FSPPG salah satunya dengan tarian Chicken Dance dan tarian lainnya. Tujuannya untuk para peserta semakin semakin semangat menghadapi kegiatan berikutnya yakni tracking melintasi alam disekitar.

Penutupan pelatihan, FSPPG melakukan Penanaman pohon bersama yang diwakili para Presiden FSPPG, Sekjen FSPPG Tamrin Lihawa dan para ketua SPA-FSPPG serta Sekum. (FR)  

FSPPG PEDULI KORBAN GEMPA LOMBOK

Jakarta - Federasi Serikat Pekerja Panasonic GOBEL melakukan pelepasan bantuan untuk korban Gempa Lombok (07/10/2018) di sekretariat FSPPG di komplek PT Panasonic Manufaturing Indonesia, jalan raya bogor Km 29 Pekayon Jakarta timur.

Bantuan yang dikirim adalah berupa kipas angin, pompa air dan lampu. Bantuan tersebut hasil sumbangan dari anggota FSPGG diperusahaan kelompok Panasonic Gobel dan dari jamaah masjid dilingkungan perusahaan serta bantuan dari pimpinan perusahaan Abdullah Gobel, juga keluarga Gobel.

Bantuan dikirim oleh menggunakan truk Gotrans sampai tujuannya di kantor cabang servis Lombok PT Gobel Dharma Nusantara.

FSPPG juga mengirimkan 5 orang relawan yang terdiri dari pengurus FSPPG Lukman Sahli, dari pengurus SPPECGI Yance Tanel dan Sutrisno. pengurus SPPMI Ustadz Iwan dan Yopi Ferdia dari SPPS.

Mereka berangkat pada hari rabu, 11 Oktober 2018. Setelah tiba mereka langsung bekerja mendistribusikan bantuan dan memasang di beberapa tempat ibadah dan sekolah. Mereka dibantu oleh tim servis GDN yang ikutserta memasang.

Mereka bekerja selama 5 hari di Lombok sampai semua bisa distribusi pada tempat-tempat yang sudah disurvey sebelumnya.

FSPPG juga bekerjasama dengan SARBUMUSI pompa air dan tandon air wudhu di mushola darurat di dusun selat timur kecamatan narmada kabupaten lombok barat.

Semoga bantuan FSPPG Peduli bermanfaat untuk masyarakat Lombok. Terima kasih untuk para Donatur. (FR)

 

FSPPG MENGADAKAN PELATIHAN MENJAHIT BAGI PEMULA

Jakarta - Federasi Serikat Pekerja Panasonic GOBEL dan Koperesai Karyawan Kelompok GOBEL bekerjasama dengan Brother Indonesia mengadakan pelatihan menjahit untuk anggota dan karyawan kelompok Panasonic GOBEL.

Kegiatan ini dilakukan dua kali dan dua tempat. Kegiatan pertama dilaksanakan di Aula PT Panasonic Manufacturing Indonesia (PT. PMI) di jalan Raya Bogor Km 29 Jakarta, pada hari sabtu, 22 September 2018. Sedangkan kegiatan kedua dilaksanakan di Aula HRD PT Panasonic Gobel Energy Indonesia (PT.PECGI), kawasan industry Gobel, Cibitung.

Pembukaan dihadiri Damiri Maulana, Assocciate Director PT. PMI, Djoko Wahyudi, Presiden FSPPG, Sudarno, ketua bidang Pendidikan Kopkar GOBEL dan Ari Branch Manager dari Brother Indonesia.

Latihan menjahit ini dengan membuat tas dan tempat tisu.  Peserta yang ikutserta di PMI sebanyak 106 orang dan peserta di PECGI sebanyak 100 orang. Pada akhir acara para peserta diberikan cinderamata dan sertifikat. (FR)

 

KUNJUNGAN PAPTH WORKERS UNION KE FSPPG

Jakarta - Federasi Serikat Pekerja Panasonic GOBEL menerima kedatangan dan kunjungan dari Panasonic Appliances Thailand Workers Union pada hari Kamis, 06 Agustus 2018. 

 
Bertempat di Ruang Rapat Sekretariat FSPPG Gandaria, hadir dari PAPTH WU adalah Mr. Chalaei Sukhiran, Chairman PAPTH WU dan Paboon Komsing, Secretary PAPTH WU. Tampak hadir menyambut tamu tersebut, Djoko Wahyudi Presiden Federasi Serikat Pekerja Panasonic GOBEL dan para pengurus FSPPG.
 
Dalam pertemuan ini Djoko Wahyudi menjelaskan kegiatan yang sudah dilakukan oleh FSPPG dan Bipartit. Djoko menjelaskan eksistensi dan peranan serikat pekerja Panasonic Gobel, yang bukan saja mempengaruhi kebijakan ditingkat SP (lokal), tapi juga dapat sumbang saran dan mempegaruhi kebijakan tingkat regional, seperti upah minimum provinsi DKI, dan budaya bernegosiasi (propose konsep). Bahkan FSPPG dapat mewarnai kebijakan nasional dengan gerakan sosial dialog, baik dengan kementerian maupun parlemen.
"optimalisasi fungsi bipartit di perusahaan-perusahaan yang tergabung dalam FSPPG ini, hanya tercapai dengan adanya transparasi di masing-masing pihak " jelas Djoko.
 
Pada akhir acara, FSPPG oleh Djoko Wahyudi menyerahkan cindramata kepada Chalaei Sukiran, yang disaksikan pula oleh Tomonobu Otsu, Presiden Direktur PT Panasonic Manufacturing Indonesia dan Mr Kamada, Managing Director PAPTH. (FR)