Berita SPPG

BUKBER PUASA DAN LAUNCHING MUDIK NYAMAN 2018

Jakarta - Federasi Serikat Pekerja Panasonic GOBEL menyelenggarakan Berbuka Puasa Bersama dengan tujuan meningkatkan tali silaturahmi dan menjalin komunikasi sesama pemangku kepentingan dalan hubungan industrial, pada hari rabu, 06 Juni 2018. 

Bertempat di Auditorium Yayasan Matsushita GOBEL Komplek PT Panasonic Manufacturing Indonesia. Selain bukber, FSPPG melakukan launching Mudik Nyaman 2018. Tampak hadir dalam acara tersebut, Abdullah T Gobel Pemilik Perusahaan Kelompok Panasonic GOBEL. 
 
"Kita merencanakan mudik nyaman ini sejak 3 tahun lalu, saat berada di Bengkulu", kata Abdullah T Gobel. 
"Harapannya untuk tahun-tahun kedepannya semakin banyak lagi pesertanya" lanjutnya lagi.
Dalam sambutannya, Djoko Wahyudi,  Presiden FSPPG menyatakan bahwa peserta mudik nyaman 2018 total 1062 dengan menggunakan 24 bis, dengan tujuan jawa barat, jawa tengah, jawa timur dan sumatera (lampung dan palembang). Dan mudik nyaman sudah terlaksana untuk ke tiga kalinya.
 
Djoko Wahyudi menambahkan, bahwa tahun ini mudik nyaman dapat bantuan sponsor utama oleh BPJS Ketenagakerjaan. 
 
Hadir pula dalam acara tersebut, Kompol Herman Kepala Seksi Dikmas Ditlantas Polda Metro Jaya "Panasonic GOBEL telah berperan menurunkan angka kecelakaan dengan adanya mudik nyaman ini" ujarnya. 
Kompol herman menyerahkan penghargaan dari Polda Metro Jaya kepada FSPPG "BERTEMAN Jakarta (BERlalulintas, TErtib dan aMAN)".
 
Dalam Kegiatan ini para pimpinan perusahaan menyumbangkan uang pribadinya untuk mensponsori Mudik Nyaman. Selain Abdullah T Gobel, pimpinan perusahaan lain yang menjadi sponsor adalah Seigo Saifu (presdir PGI), Tadaharu Taguchi (presdir GDN), Tomonobu Otsu (presdir PMI), Kenichi Kudara (presdir Pecgi). Sponsor lainnya dari PT GDSK, PT. DKM, Kopkar GOBEL, SPPMI dan SPPECGI.

FINAL BASKET DAN VOLLEY MAYDAY 2018

Jakarta - Mayday 2018 Federasi Serikat Pekerja Panasonic GOBEL menyelesaikan perayaan Hari Buruh 2018 pada hari kamis, 10 Mei 2018 dengan menyelenggarakan final pertandingan Basket Piala Abdullah Gobel dan final pertandingan Volley dengan memperebutkan Piala Presiden FSPPG.

Pada final tersebut tampak hadir Abdullah T Gobel, pemilik dan pimpinan perusahaan kelompok Panasonic GOBEL. Tampak hadir pula Djoko wahyudi, presiden FSPPG serta para Ketua SPA dan beberapa pimpinan perusahaan.

Dalam pertandingan final basket yang hanya mempertandingkan kelompok putra, difinal bertemu dua tim kuat dari perusahaan kelompok Panasonic GOBEL, PT Panasonic Gobel Energy Indonesia (PECGI) melawan PT Panasonic Gobel Eco Solution Manufacturing Indonesia (PESGMI). Pada pertandingan tersebut dimenangkan oleh PESGMI yang berhasil memenangkan Piala Abdullah GOBEL.

Pertandingan berikutnya adalah final bola volley putri yang mempertemukan PT Panasonic Manufacturing Indonesia (PMI) melawan PT Gobel Dharma Sarana Karya (GDSK) yang berhasil dimenangkan oleh putri GDSK.

Pertandingan terakhir adalah final bola volley putra yang mempertemukan putra PECGI melawan PT SKF (SKF) yang dimenangkan oleh SKF. (FR)

FSPPG SELENGGARAKAN SEMINAR HAKIM AD HOC PENGADILAN HUBUNGAN INDUSTRIAL

Jakarta - Federasi Serikat Pekerja Panasonic GOBEL menyelenggarakan Seminar Hakim Ad Hoc Pengadilan Hubungan Industrial dengan tema Buruh jadi Hakim? pada hari Sabtu, 05 Mei 2018. 

 
Bertempat di Sinergy Room Perkantoran Panasonic GOBEL Cawang, narasumber dalam seminar tersebut adalah Dr. Farid Wajdi SH, M.Hum, Anggota Komisi Yudisial Republik Indonesia 2015 - 2020.  Tampak hadir dalam seminar tersebut, Djoko Wahyudi Presiden Federasi Serikat Pekerja Panasonic GOBEL. 
 
"Harapan penting bagi buruh dari Pengadilan Industrial adalah Keputusan yang Adil, penyelesaian kasus yang Cepat dan tidak mengeluarkan biaya yang banyak", kata Djoko Wahyudi. 
"Semua itu bisa terlaksana apabila hakim mempunyai integritas yang baik" lanjutnya lagi.
Dalam sambutannya, Muhammad Yusuf, Wakil Presiden bidang Organisasi dan Pendidikan FSPPG yang juga sebagai sebagai Ketua Panitia acara tersebut menyatakan bahwa tujuan seminar menulis ini adalah untuk mempersiapkan aktivis serikat pekerja dalam persiapan mengikuti tes sebagai Hakim PHI apabila untuk tahun kedepannya terbuka pendaftaran untuk menjadi calon hakim.
 
Menurut Farid Wajdi, persyaratan pemilihan calon hakim PHI ditingkat Pengadilan Negeri maupun tingkat Mahkamah Agung hampir semuanya mempunyai kesamaan, hanya saja ditingkat Hakim Agung, salah satu persyaratannya adalah hakim harus sarjana hukum. 
 
"Perekrutan Hakim Agung tidak hanya dinilai dari hasil ujian kualitas saja, juga dinilai dari perilaku integritas calon termasuk dalam lingkup kecil seperti dilingkungan rumah" ujarnya menambahkan. 
 
Seminar ini diikuti aktivis serikat pekerja dari Serikat Pekerja Anggota FSPPG yang terdiri dari SPPMI, SPPECGI, SPPS, SPGDSK dan SPGI. Hadir pula dari serikat pekerja sahabat yang diundang dari SP Toyota Astra Motor, SP SKF, SP Frisian Flag dan SP Sunstar.

SILATURAHIM MENAKER RI BERSAMA PEKERJA PANASONIC GOBEL

Bekasi - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Hanif Dhakiri mengunjungi pabrik batere Panasonic PT Panasonic Gobel Energy Indonsia (PECGI) di Cibitung (02/05).

Menaker silaturahmi bersama pimpinan dan pekerja PECGI mewakili presiden RI Joko Widodo yang menunda kehadirannya karena ada rapat penting yang harus dilakukan.

Dalam acara tersebut hadir pimpinan perusahaan kelompok Panasonic GOBEL Rachmat Gobel, Abdullah Gobel, Djoko Wahyudi Presiden Federasi Serikat Pekerja Panasonic GOBEL dan pimpinan perusahaan lainnya. Hadir pula para CEO yang ada di kawasan industri sekitar Cibitung.

Dalam pidatonya, menaker mengatakan bahwa Indonesia perlumeningkatkan pembangunan sumberdaya manusia melalui investasi pendidikan dan kesehatan guna meningkatkan taraf hidup atau kesejahteraan masyarakat.

Manaker manyatakan rasa terimakasih kepada buruh Indonesia yang sudah merayakan hari buruh (tahun 2018) dengan aman. (FR)

 

FSPPG MERAYAKAN HARI BURUH 2018

Jakarta - Federasi Serikat Pekerja Panasonic melakukan perayaan hari buruh atau dikenal dengan Mayday. Seperti tahun sebelum FSPPG merayakan hari buruh dengan mengadakan beberapa kegiatan.

Ada tiga wilayah pelaksanaan hari buruh tahun 2018. Perayaan di wilayah Cibitung yang berpusat di pabrik batere (PECGI) dan kantor GDSK Cibitung. Untuk wilayah Cawang yang dilaksanakan di perkantoran Cawang, jalan dewi sartika. Serta perayaan diwilayah Pekayon yang berpusat di pabrik electronic PT Panasonic Manufacturing Indonesia.

Beberapa kegiatan yang dilakukan seperti kejuaraan Basket piala Abdullah GOBEL dan Volley Piala Presiden FSPPG yang ikuti tim dari masing-masing SPA-FSPPG dan beberapa tim dari SP sahabat FSPPG dan perusahaan lainnya yang ada disekitar jalan raya bogor.

Kegiatan olahraga lainnya adalah Lomba Ekiden, Basket 3 on 3, Badminton, Tenis Meja, Catur, Mancing, Menyanyi, dan lomba mewarnai untuk anak-anak karyawan. Untuk diwilayah cawang ada pembagian kaos dari uniqlo.

Kegiatan sosial yang hampir setiap tahun dilaksanakan adalah Donor Darah yang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia.

Puncak perayaan Mayday 2018 ditutup dengan Tabliq Akbar di Cibitung yang disampaikan oleh Ustadz Yusuf Mansur dengan slogannya kalau mau kaya harus sedekah dahulu. (FR)

MEMBERSHIP TRAINING SPPGESMI

Pasuruan - Serikat Pekerja PT Panasonic GOBEL Eco Solutions Manufacturing Indonesia (SPPGESMI -FSPPG) mengadakan membership seminar dan training. Acara diselenggarakan pada hari jumat 30 Maret sampai dengan sabtu 31 maret 2018 yang dilaksanakan di Villa Bukit Anugrah Prigen Pasuruan.

Hadir dalam acara tersebut Djoko Wahyudi Presiden FSPPG berserta para ketua SPA, Romli Dayat (SPPECGI), Fadly Rahman (SPPS), Sukirno (SPGDSK), Kusaini (SPGI) dan Jayadi wakil ketua SPPMI yang mewakili ketua SPPMI.

Seminar yang disampaikan adalah mengenai pendidikan PKB, Paralegal, dan BPJS. Pada hari sabtu para peserta melakukan outbond.

Selain diikuti peserta dari  anggota SPPGESMI, acara juga diikuti oleh anggota SPPS-FSPPG dari PT Panasonic Gobel Indonesia dan PT Gobel Dharma Nusantara cabang Surabaya dan Kediri. (FR)