Berita

ADA DONOR DARAH DAN PENDAFTARAN MUDIK GRATIS DI PERAYAAN MAY DAY

Kabar Ketenagakerjaan

Kompas.com - 02/05/2017, 10:17 WIB

JAKARTA – Slogan may day is a happy day, merayakan May Day dengan kegembiraan benar-benar terlihat di Gedung Olah Raga Pondok Karya Pembangunan (GOR PKP) Ciracas, Jakarta. Senin, 1 Mei 2017. Sejak pukul tujuh pagi, ribuan buruh dan keluarga buruh Panasonic menghadiri acara Festival May Day 2017.

Penggasas acara festival, Federasi Serikat Pekerja Panasonic Gobel (FSPPG) mengadakan berbagai kegiatan mulai dari donor darah, pendaftaran mudik gratis, bazar elektronik dan sembako, lomba memasak, istana balon,  lomba mewarnai untuk anak, funbike, pentas music, wahan permainan, pemeriksaan kesehatan dan sebagainya.

“Jika ada yang merayakan May Day dengan demo, silakan, tapi sejak beberapa tahun kami punya cara merayakannya dengan Festival May Day,” kata Presiden FSPPG) Djoko Wahyudi di arena festival. “Dengan cara begini, kami merasa serikat pekerja Panasonic makin solid”.

Satu bulan sebelum 1 Mei, FSPPG sudah mengadakan rangkaian acara peringatan Hari Buruh dengan menggelar berbagai kegiatan, diantaranya Porseni FSPPG (volley ball, futsal, tenis meja, bulu tangkis), donor darah, pendaftaran beasiswa, mudik nyaman, lomba mancing, buruh mengaji, memasak, funbike dan games anak.

Pada kesempatan tersebut, acara donor darah berhasil mengumpulkan sekitar 300 kantong darah yang akan diserahkan ke PMI setempat. Sedangkan untuk mudik gratis bagi keluarga buruh Panasonic disediakan sekitar 700 kursi Bus dengan tujuan beberapa kota di Jawa dan Sumatera.

Kadar Azhari, salah satu karyawan Panasonic mengaku sangat terbantu dengan acara festifal may day. “Saya sekeluarga bisa mendapatkan manfaat, mulai dari bazar, wahana bermain dan hiburan lain,” ujarnya.

Bagaimana dengan tuntutan kesejahteraan? Ia mengaku masalah kesejahteraan sudah dibicarakan antara pimpinan serikat dengan manajemen perusahaan. “Nyaris taka da hambatan, karena aspirasi kami kita sampaikan setiap saat,” tambahnya.