Berita Internasional

INDONESIA-AUSTRALIA KERJASAMA PENGEMBANGAN KETRAMPILAN

Kamis, 19 November 2015

Jakarta (ANTARA News) - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dhakiri menerima kunjungan Menteri Pariwisata dan Pendidikan Internasional Australia, H. E. Hon Richard Colbeck di Kantor Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Jakarta, Kamis (19/11). Ada tiga hal pokok yang dibicarakan dalam pertemuan tersebut.

Pertama, menegaskan pentingnya kerja sama bilateral di antara kedua negara. Selama ini, Indonesia dan Australia telah menjalin kerja sama di bidang ketenagakerjaan. Antara lain pengembangan kapasitas SDM dan kerjasama teknik bidang pelatihan dan pengembangan standar kompetensi antara Ditjen Binalattas dengan DET Queensland Australia.

Selain itu, Australia juga pernah menyampaikan usulan draft MoU tentang Indonesia-Australia Skills Development Exchange Pilot Project (Proyek Percontohan Pertukaran Pengembangan Ketrampilan).

Dalam hal ini Kemnaker diminta menjadi leader MoU untuk pilot project tersebut, namun karena Kemnaker belum mempunyai regulasi untuk aturan pemagangan TKA, sehingga usulan pihak Australia ini masih ditunda hingga sekarang.

Kedua, mendiskusikan kemungkinan-kemungkinan kerja sama untuk bidang pendidikan kejuruan dan skills training. Ketiga, membahas keinginan pihak Australia bekerja sama untuk pilot project di bawah IACEPA (Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement).

Melalui pertemuan ini, diharapkan Kerja sama kedua negara di bidang pelatihan dan produktivitas dapat berlanjut dan dikembangkan. Khususnya dalam penerapan sistem kualifikasi kerja, akreditasi lembaga pelatihan kerja, standar manajemen balai latihan kerja dan lainnya.

Selain itu, adanya kelanjutan kerjasama bidang percepatan implementasi KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia).

Serta peningkatan kompetensi pengurus SP (serikat pekerja) dalam hal melakukan dialog sosial, Peningkatan kualitas metodologi penelitian dan perencanaan tenaga kerja, dan Peningkatan kompetensi untuk labor inspection.

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © ANTARA 2015